Pulang dari Jogja jangan sampai lupa untuk bawa titipan oleh oleh, karena Jogja termasuk kota wisata jadi ada banyak sekali jenis oleh oleh yang diminta sanak keluarga dan teman-teman Anda bukan? daripada pusing membeli semua titipan tersebut di pusat oleh-oleh Jogja yang berbeda, akan lebih baik dan efisien bila Anda membelinya di satu tempat saja. Inilah daftar pusat oleh-oleh yang wajib dikunjungi di Jogjakarta.

Daftar Pusat Oleh-Oleh Jogja Wajib Dikunjungi

Mirota Batik

pusat oleh-oleh jogja mirota batik

Toko ini tidak pernah sepi setiap harinya, kalau bukan diisi oleh warga sekitar maka Anda bisa melihat wisatawan domestic dan asing berkunjung atau berbelanja di tempat ini. Toko ini berada di kawasan yang strategis, yakni di ujung selatan Malioboro. Di tempat ini Anda bisa berbelanja sepuasnya, nikmati sensasi belanja batik dan kerajinan yang asik seperti sedang berwisata saja. Tepat di bagian depan pintu terdapat begitu banyak pengrajin baitk serta penjual makanan. Sedangkan di bagian dalamnya terdapat pedagang batik, kerajinan tangan serta pedagang jamu, masker hingga ramuan tradisional. Musik dan dekorasi di Mirota Batik akan mengingatkan Anda akan Kraton Jogjakarta. Cukup bawa uang sekitar Rp. 50 ribu saja Anda sudah bisa beli baju batik apalagi masker dan ramuan tradisional di sini dijual mulai dari Rp. 5.000.

Pasar Beringharjo

pasar beringharjo

Pasar ini tidak begitu jauh dari tempat belanja oleh-oleh Jogja, Mirota Batik. Pasar Beringharjo telah berdiri sejak 1758 dari dulu sampai sekarang tetap dikenal sebagai pusat ekonomi di Jogjakarta. Pasar ini akan mengingatkan kita pada ITC Mangga Dua Jakarta, mengapa demikian? karena semuanya tersedia di pasar ini, seperti batik, bahan makanan, gadget, jamu hingga barang antik, enaknya lagi barang di sini bisa ditawar. Bawa uang secukupnya untuk belanja oleh-oleh di tempat ini, pastikan semua keperluan diperoleh semuanya.

Bakpia Pathok 145

bakpia pathuk 145

Merupakan tempat belanja oleh-oleh Jogja yang khusus menjual bakpia. Bakpia Pathok 145 adalah jenis yang paling dicari oleh wisatawan, ada rasa kacang hijau, keju, kumbu hitam, susu, cokelat dan masih banyak lagi. Anda bisa membeli bakpia yang isinya 10-20 biji dengan harga yang bervariasi tergantung banyak dan rasa isiannya. Tidak hanya menjual bakpia saja, toko ini juga menjual camilan khas Jogja lainnya.

Gudeg Kaleng Mbak Yayah

gudeg-yayah

Apakah Anda sedang berburu gudeg sebagai oleh-oleh dan tengah kebingungan mencari tempat belanja oleh-oleh Jogja yang khusus menjual gudeg enak? maka jangan bingung pergi saja ke Jalan Monjali No. 20, Nandan di sana ada Gudeg Kaleng Mbak Yayah yang sangat populer di Jogja. Gudeg kaleng ini cita rasanya tidak beda jauh dari gudeg masak biasa, apalagi dalam gudeg kaleng tersebut ada krecek, gori, sambal goreng tempe, daging ayam kampung, telur itik, kacang tolo, cabai dan areh, Anda cukup memanaskan saja sebentar dan gudeg kaleng sudah siap untuk dihidangkan bersama nasi putih hangat dan lauk pauk lainnya. Untuk gudeg kaleng yang beratnya 210 gram, harganya sekitar Rp. 25 ribu.

Saat masa liburan telah habis dan tiba saatnya untuk pulang, jangan lupa untuk pergi ke pusat oleh-oleh Jogja untuk membeli berbagai daftar oleh-oleh yang sudah Anda buat jauh-jauh hari. Perhatikan satu per satu dan penuhilah jangan sampai ada oleh-oleh yang lupa dibeli apalagi jika kebanyakan daftar oleh-oleh tersebut adalah titipan orang rumah, kalau lupa bisa repot jadinya.