Bosan main di mall dan ingin pergi ke tempat yang lebih asri dengan udara lebih jernih dan kualitas mata air nomor satu, maka desa wisata Jogja bisa jadi tempat pertama yang bisa Anda kunjungi. Desa wisata di Jogjakarta memang banyak namun jangan sampai Anda merasa bingung untuk pilih yang mana yang tepat.

Inilah Desa Wisata Jogja yang Ramah dan Cantik

Desa Wisata Tanjung

desa wisata jogja tanjung

Bila Anda berada di sekitar Monumen Jogjakarta maka Anda bisa pergi ke desa ini, desa ini hanya berjarak 5 Km saja, bila ditempuh dengan kendaraan beroda, setidaknya Anda hanya perlu menempuh waktu selama beberapa menit saja. Desa ini ada di Tanjung, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, nikmati hawa sejuk dari pedesaan dan keramahtamahan warga desanya. Ada banyak atraksi yang ditawarkan dari desa ini, seperti jathilan, karawitan dan bahkan membatik. Ikut serta bermain ciciblung yakni permainan nada yang dihasilkan oleh permainan di sungai, Anda cukup menepuk aliran air di sungai. Permainan ini sangat disukai oleh anak-anak.

Desa Wisata Pentingsari

desa wisata pentingsari

Desa wisata yang juga merupakan laboratorium dari desa wisata yang ada di Asia Tenggara, berada persis di Cangkringan lebih tepatnya lagi di Pentingsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. Desa wisata asli Jogja ini menawarkan suasana pedesaan asli yang tenang dengan tempat penginapan tradisonal yang dibangun dengan menggunakan kayu sehingga kesan alamnya sangat kental. Di sekitar sini, terdapat beberapa objek wisata seperti Rumah Joglo, Pancuran Suci Sendangsari serta Luweng dan juga Batu Dakon. Selain untuk menghabiskan waktu tenang, di desa ini Anda juga bisa melakukan traking bersama rombongan, Anda akan melalui jalur sungai, sawah dan naik turun tebing hingga terowongan yang unik dan cantik.

Desa Wisata Rumah Domes

desa wisata rumah domes jogja

Adalah desa wisata yang menyuguhkan pemandangan unik nan indah dimana ada banyak rumah-rumah Dome yang bisa Anda lihat. Rumah Dome adalah tempat tinggal yang bentuknya bulat seperti kubah, di desa wisata asli Jogja ini terdapat 71 unit rumah hunian, 80 unit Rumah Dome dan 6 MCK untuk public serta 3 fasilitas umum seperti mushola, aula dan juga poliklinik. Tiket masuk ke kompleks Rumah Dome hanya Rp. 1.500/orang.

Desa Wisata Karangtengah

desa wisata karangtengah jogja

Desa ini terkenal dengan kawasan hutan jambu mete yang luas yang berada di Karangtengah, Imogiri, Bantul. Desa wisata asli Jogja ini dikenal dengan budidaya sutra liar serta tanaman indighovera yang mana merupakan  bahan utama untuk pewarna batik. Desa cantik ini berada di atas ketinggian 250 meter dari permukaan lautan dan tempat cantik ini para pengunjung bisa menikmati pemandangan perbukitan yang sangat memesona.

Desa Wisata Glagah

Desa wisata jogja Glagah

Agrowisata buah naga bisa ditemukan di desa ini, yang suka makan buah naga tentu harus pergi ke desa ini untuk merasakan buah naga yang baru saja dipetik dari kebun. Festival layang layang serta motorcross menjadi pertunjukkan tahunan dari desa ini yang tidak pernah terlewati. Ada pertunjukkan gamelan dan juga karawitan yang menarik banyak minat dan perhatian para wisatawan.

Semoga desa wisata Jogja di atas bisa membantu Anda merasakan lagi suasana pedesaan yang telah lama hilang karena pesatnya kemajuan di perkotaan dan kamacetan yang tidak pernah berhenti setiap harinya di ibukota.