Sebenarnya tidak begitu sulit untuk mengenali apa saja oleh oleh khas Jogja karena Jogja termasuk kota besar di Indonesia yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia dan salah satu oleh oleh paling populer adalah Bakpia Pathok. Pusat oleh oleh hampir selalu menawarkan Bakpia Pathok beserta penganan lainnya. Mau tau apa saja oleh oleh Jogja yang populer dan wajib dibawa pulang setelah liburan?

Daftar Oleh Oleh Khas Jogja yang Enak

Bakpia Pathok

bakpia pathok-oleh oleh khas jogja

Siapa pun yang pernah liburan ke Jogja pasti sudah pernah merasakan gurih dan manisnya makanan khas Jogja ini bahkan membawa beberapa kotak sebagai oleh oleh. Bakpia Pathok adalah pengangan manis yang dibuat dari tepung terigu lalu diberikan isian seperti kacang hijau, cokelat, keju, durian dan kumbu hitam lalu dipanggang sampai matang.

Yangko

yangko

Selain ada bakpia pathok, ada juga Yangko yang dibuat dari tepung ketan lalu dibalur dengan tepung terigu. Panganan ini bentuknya kotak kecil, berwarna-warni dan bertekstur kenyal dengan cita rasa manis yang gurih. Biasanya di dalam Yangko terdapat isian kacang tanah, modelnya memang hampir seperti mochi Jepang bedanya tekstur Yangko tidak selembek mochi Jepang. Mau beli Yangko sebagai oleh oleh khas Jogja yang gurih maka pergi saja ke daerah Kotagede, tempat paling banyak menjual Yangko.

Geplak

geplak

Geplak merupakan makanan khas Bantul yang dibuat dari palutan kelapa dengan gula jawa atau gula pasir. Namun tidak sedikit, geplak yang terbuat dari waluh. Geplak memiliki cita rasa manis yang khas, oleh oleh khas Jogja yang  gurih ini paling banyak dijual di Bantul, Jogjakarta.

Gudeg Kering

gudeg kering jogja

Pernah makan gudeg? atau bahkan doyan. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang wajib dicicipi ketika Anda berlibur di Jogja dan sekitarnya. Berbeda dengan tiga makanan di atas yang semuanya masuk dalam kategori camilan, gudeg kering ini lebih masuk ke kategori lauk makanan karena bisa dinikmati dengan nasi hangat dan sambal goreng. Gudeg kering mampu bertahan selama 24 jam, jadi bisa dijadikan sebagai oleh oleh saat pulang nanti, memang rasanya jauh lebih manis daripada gudeg basah. Dapatkan gudeg Jogja yang lezat di kawasan Wijilan.

Cokelat Monggo

coklat monggo

Oleh oleh khas Jogja yang gurih lainnya adalah cokelat monggo. Para pecinta kokoa, harus coba cokelat khas Jogja ini. Cokelat Monggo merupakan cokelat produksi Jogja dengan rasa dan kualitas cokelat Belgia. Di Jogja terdapat Showroom & Factory Cokelat Monggo berlokasi di Kotagede, tepatnya di Jalan Dalam KG III/978, Purbayan. Di tempat tersebut, Anda dapat melihat proses produksi cokelat secara langsung yang sepenuhnya memakai bahan-bahan lokal dan alami. Cokelat ini diolah dari biji cokelat berkualtas dari Jawa, Sulawesi dan Sumatra. Kemasan cokelatnya berupa kemasan kertas daun ulang ramah lingkungan. Dapatkan Cokelat Monggo dengan berbagai varian rasa yang semuanya enak dan gurih.

Salak Pondoh

salak pondoh

Yang suka buah-buahan bisa memboyong banyak salak pondoh. Tanah di daerah Muntilan, Magelang dan Sleman memang sangat subur dan paling cocok untuk berbudidaya buah ini, tidak heran jika ada agrowisata salak pondoh di Kampung Gandung, Bangunkerto, daerah Sleman.

Cari oleh oleh khas Jogja dari berbagai pusat oleh oleh bisa menjadi pilihan alternatif, agar waktu tidak banyak terbuang, pastikan sebelum pergi Anda mencari tahu terlebih dahulu apa saja jenis oleh oleh yang Anda inginkan, apa barang atau makanan gurih seperti di atas.