Di mana pun kita berbada, makanan adalah kebutuhan pokok yang tidak boleh dilewatkan dan karena saat ini kita sedang liburan di Jogja, maka mengapa tidak mencoba makanan khas Jogja, ada banyak sekali makanan khas asli Jogja yang juara yang pasti akan membuat lidah bergoyang dan perut kenyang. Berbeda dengan ibukota, makanan yang dijual di Jogjakarta secara keseluruhan sangatlah terjangkau, apalagi jika Anda suka makan di angkringan, harga lauknya saja mulai dari Rp. 1000. Lantas apa saja makanan khas Jogjakarta yang benar-benar jempolan dan wajib dicoba?.

Menu Makanan Khas Jogja Paling Enak

Sate Petir dan Tongseng Petir Ala Pak Nano

sate petir

Tidak suka makan makanan yang mengenyangkan, maka sate akan menjadi pilihan terbaik. Porsi sederhana namun tetap mengenyangkan dan bergizi tinggi karena kandungan protein daging, vitamin dari sayuran dan karbohidrat dari lontongnya, belum lagi kalau ditambah sambal. Sate petir dan tongseng petir buatan Pak Nano jadi menu andalan warga Jogja yang mencintai kuliner pedas, sate kambing disini juaranya, tidak berbau amis dan pastinya empuk. Temukan kuliner pedas ini di Jalan Lingkar Selatan, tepatnya di Desa Tirtonimolo 90, Kasihan, Bantul.

Sate Klathak Ala Pak Bari

sate klathak masakan khas jogja

Masih kuliner dari sate. Bedanya sate ini dibakar tanpa tusuk sate bamboo melainkan menggunakan besi. Meskipun bumbu sate kambingnya hanya sederhana namun rasa dan teksturnya juara, besi yang menjadi tusuk sate membuat daging matang sempurna, jadi tidak a lot saat dimakan. Kedai sate ini bisa ditemukan di dalam Pasar Imogiri sekitar 4.5 Km dari arah ring road selatan ke arah pemakaman raja-raja di kawasan Imogiri.

Sambal Welut Ala Pak Sabar

sambel belut pak sabar

Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, ada banyak menu makan khas Jogja di sini, dan yang menjadi menu anadlan adalah sambel cabe hijau serta welutnya. Rumah makan ini cocoknya didatangi bersama keluarga atau teman-teman, terletak di Jalan Imogiri Barat Km. 4, lebih tepatnya di Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Mangut Lele dan Gudeg Nggeneng Ala Mbah Marto

Mangut Lele

Ada yang unik dari warung ini, yaitu menu makan khas Jogja memang sengaja dijual serta disajikan langsung di dapur khas Jawa, di mana kompor yang dipakai masih berupa tungku yang terbuat dari batu bata dengan kayu bakar serta sabut kelapa sebagai bahan bakarnya. Warung ini memiliki menu favorit, yaitu gudeg yang disajikan bersama lele asap. Warung makan ini terletak di Dusun Nengahan, Ngiri-Ngiri, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Memang lokasi warung makannya masuk ke area perkampungan, tapi jangan khawatir, karena tempat ini cukup populer di Jogja.

Bakmi Ala Harjo Geno

bakmi harjo geno

Yang suka makan bakmi, jangan lewatkan Bakmi Ala Harjo Geno selagi liburan di Jogjakarta. Bakmi di tempat ini rasanya selalu terjaga, tidak pernah berubah dari masa ke masa, bumbu yang digunakan selalu sama dan juga selalu memakai telur bebek. Nikmati menu makan khas Jogja yang nendang ini saat Anda berada di bagian depan Pasar Prawirotaman.

Ayam Goreng Ala Mbah Cemplung

ayam goreng mbah cemplung

Gurih dan lezatnya ayam goreng di tempat ini menjadikan warung makan ini tidak pernah sepi. Ada saja  orang yang datang untuk menyantanp ayam goreng sebagai menu makan siang, ayam goreng di tempat ini dibuat gurih dengan bumbu yang merasuk sempuna hingga ke tulang.

Temukan semua tempat makan di atas agar Anda bisa menikmati semua makanan khas Jogja yang nendangnya pol.