Saat sampai di Kota Jogjakarta, tentu Anda sudah tidak sabar lagi makan makanan khas Jogjakarta seperti gudeg, sambel mercon, sate klathak, menu sederhana angkringan dan masih banyak lagi. Namun bila Anda pergi ke pasar tradisional, alih-alih menemukan sambel mercon, Anda justru akan menemukan banyak sekali cemilan khas Jogja yang manis-manis dan menggiurkan mata. Selayaknya cemilan pada umumnya, cemilan dari Jogja ini tidak bisa Anda tolak begitu saja terlebih harga cemilannya sangat terjangkau.

Apa Saja Cemilan Khas Jogja yang Murah dan Enak?

Bakpia Pathok

bakpia pathok - cemilan khas jogja

Suka mengawali hari dengan setengkup roti bakar dan segelas kopi, maka Anda bisa mengganti roti bakar tersebut dengan bakpia pathok yang gurih dengan isian lembut yang manis. Bakpia Pathok merupakan salah satu makanan ringan khas Jogja yang banyak dicari wisatawan sebagai oleh-oleh. Seluruh penjuru Jogjakarta, menjual bakpia pathok dengan varian rasa lezat, mulai dari kacang hijau hingga durian dan keju.

 

Kipo

kipo

Cari cemilan untuk dibawa saat bepergian ke tempat-tempat wisata di Jogjakarta itu diperlukan, apalagi bila sisa uang Anda tidaklah banyak, tidak akan cukup bila dipaksakan untuk makan siang mahal di restoran terkenal. Jadi daripada buang-buang uang, akan lebih baik bila Anda beli cemilan yang bisa dijadikan pengganjal perut seperti Kipo ini. Makanan ringan khas Jogja ini bisa Anda temukan dengan mudah sekali di kawasan Kotagede. Kipo merupakan jajanan khas Jogja yang dibuat dari bahan dasar tepung ketan yang kemudian diisi dengan parutan kelapa lalu dialasi dengan daun pisang.

 

Yangko

yangko

Merupakan salah satu makanan ringan khas Jogja yang dari segi penampilannya saja sudah menggiurkan karena berwarna-warni tampak seperti permen kapas yang lembut dan manis. Yongko dibuat berbentuk kotak dengan rasa yang hampir mirip seperti kue moci Jepang, bedanya Yangko memiliki tekstur yang lebih kasar daripada mocha Jepang yang super lembut dan kenyal.

 

Geplak

geplak

Makanan satu ini dibuat dari daging kelapa yang dicamurkan bersama gula. Disajikan dengan pilihan warna yang beragam sangat segar dipenglihatan. Geplak menjadi jajanan pasar yang cukup populer di Jogjakarta, namun bila Anda bukan pecinta makanan super manis, ada baiknya menghindari jajanan pasar satu ini.

Tiwul

tiwul

Merupakan makanan khas Jogjakarta yang bisa ditemukan sangat gampang di daerah Gunungkidul. Makanan khas ini dbuat dari singkong sebagai pengganti beras para penduduk setempat di masa lalu. Penyajian tiwul biasanya bersama kelapa agar rasanya lebih nendang dan gurih, tiwul pun bisa dikreasikan dengan memakai gula merah maupun rasa lainnya.

Gatot

gatot

Cari cemilan khas yang mengenyangkan, maka pilih cemilan yang dibuat dari singkong, bila Anda tidak bisa menemukan tiwul maka sebagai gantinya Anda bisa memakan gatot yang tidak lain adalah makanan khas Gunungkidul yang berwarna hitam maupun cokelat dari berasa manis, gatot memiliki tekstur yang lembut dan kenyal, aromanya pun sangatlah nikmat.

Cethil

Cethil

Makanan ini dibuat dari tepung sagu yang diolah lantas dicampurkan bersama gula merah. Pada bagian luarnya, cethil sengaja diberi taburan parutan kelapa sehingga rasanya jauh lebih gurih dan enak.

Jangan mengaku berlibur di Jogjakarta, bila Anda belum pernah menyentuh salah satu cemilan khas Jogja yang enak dan manis di atas, semuanya hampir selalu ada di pasar tradisonal dan dijual dengan harga super terjangkau.