Berburu sepatu dan tas jadi salah satu agenda penting para traveler yang liburan di kota pelajar, karena sama seperti Cibaduyut yang terkenal dengan kerajinan kulit di Jawa Barat, atau Tanggulangin di Jawa Timur sebagai sentra industri kulit, Jogjakarta memiliki Manding, sentra industri kerajinan kulit. Ada banyak produk berkualitas yang dibuat dari kulit di tempat ini, termasuk tas kulit Jogja dan masih banyak lagi. Terletak di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo Manding Sabdodadi, Bantul, daerah ini dikenal sebagai pusat kerajinan kulit sejak 1957.

tas kulit jogja di manding

Keistimewaan Tas Kulit Jogja Merambah Pasar Mancanegara

Showroom

Di sentra industri kerajinan kulit Jogjakarta terdapat banyak sekali kerajinan dari kulit yang bisa kita lihat bahkan bawa pulang, seperti dompet, sepatu, tas, sandal bahkan jaket. Di desa wisata Manding terdapat sekitar 48 showroom penjualan kerajinan dari kulit dan 42 rumah produksi.  Showroom tersebut berjejer rapi di sepanjang jalanan desa Manding, jadi kita bisa melihatnya hasil produksinya dengan mudah, ada banyak kerajinan yang memang sengaja dipajang untuk menarik perhatian pembeli. Anda bisa membeli sepatu, tas, ikat pinggang, topi, aksesori dari kulit dan masih banyak lagi.

Distribusi Internasional

Minat yang tinggi terhadap produk kerajinan kulit Jogjakarta, membuat produk kerajinan kulit dari Manding tidak hanya lolos market di desa saja, namun juga merambah ke pasar nasional bahkan banyak pembeli dari luar negeri yang berminat jadi cukup banyak produk yang sengaja dikirimkan ke luar negeri.

Akses Mudah

Berburu tas cantik kulit Jogja itu tidak sulit apalagi jika tujuan Anda adalah sektor industri Manding. Bila Anda datang dari kota Jogjakarta, maka ambilah jalan ke arah selatan dan ikuti saja jalanan ke arah Jalan Parangtritis. Sampai di KM 11, Anda bisa melihat perempatan lampu merah dan tepat di sebelah kanan jalan ada gapura besar dengan tulisan sentra industri kerajinan kulit, Manding. Untuk sampai di sini, Anda bisa memanfaatkan angkutan umum dari kota Jogjakarta melalui terminal Giwangan, pilihlah bus berukuran kecil jurusan Jogja-Parangtritis untuk ongkosnya siapkan Rp. 5000/sekali jalan. Bila ingin lebih personal dan lebih nyaman, mungkin Anda bisa memesan taksi, ongkos kendaraan roda empat ini dari pusat kota Jogjakarta hingga ke tempat tujuan sekitar Rp. 50.000. Akan lebih hemat bila Anda bisa memakai kendaraan pribadi, tidak perlu menunggu dan berdesak-desakan.

Eceng Gondok

Saat ini, Manding tidak hanya memproduksi barang yang dibuat dari kulit saja, namun masyarakat pun mulai tertarik untuk membuat kerajinan dari pandan, eceng gondok, serat alam serta bahan sintesis. Uniknya lagi di Manding, Anda tidak hanya memanjakan mata dengan produknya yang bagus namun Anda juga bisa ikut belajar membuat barang kerajinan secara langsung dari kulit, termasuk membuat tas kulit cantik Jogja.

Harga

Jika bicara soal harganya, untuk produk yang dibuat dari kulit murni seperti jaket kulit dihargai sekitar Rp. 500 ribu sampai Rp. 1.5 juta. Sedangkan sepatu dijual mulai dari Rp. 70 ribu-Rp. 1 juta dan untuk tas kulit cantik Jogja di jual sekitar Rp. 100 ribu-Rp. 1 juta.

Jika Anda ingin belanja banyak tas kulit Jogja di Manding, mulailah mengumpulkan uang dari sekarang sebelum hari liburan ke Jogjakarta tiba, mengingat harga tas yang kulit yang berkualitas dijual dengan harga yang tidak main-main mahalnya.