Pernahkah Anda menonton film Twilight? kalau pernah pasti sudah sering dong melihat adegan dimana Edward Cullen si manusia vampire kejar-kejaran sama bangsa werewolf atau musuh vampire-nya? salah satu latar tempat pengejaran tersebut adalah hutan. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk dapat melihat latar tempat tersebut karena Jogja pun punya hutan pinus yang pemandangannya tidak kalah bagus. Hutan Pinus Jogja merupakan salah satu tempat tujuan wisatawan yang ingin merasakan hawa sejuk sekaligus menikmati keindahan alam serta melihat pohon-pohon pinus yang tinggi menjulang secara langsung bukannya dari kalender atau majalah alam.

hutan pinus jogja

Istimewa dan Ekostiknya Hutan Pinus Jogja

Sering Jadi Tempat Pre-Wedding

Keindahan yang dimiliki oleh tempat ini, menarik banyak minat para muda mudi untuk mengambil foto pre-wedding di sini. Konsep alami yang kental, pepohonan yang tinggi menjulang membiaskan cahaya malu-malu jadi hasil fotonya akan terlihat sangat menakjubkan. Jadi daripada pesan tempat yang mahal, mengapa tidak ambil foto pre-wedding sebanyak-banyaknya saja di sini, toh hasilnya pun tidak kalah bagusnya.

Tempat Menyendiri yang Asyik

Selain terkenal sebagai tempat tujuan foto pre-wedding, hutan pinus pun kerapkali menjadi tempat menyendiri yang asyik bagi beberapa orang. Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk membaca buku, mendengarkan musik sambil menikmati pemandangan di tempat ini. Pengunjung Hutan Pinus di Jogjakarta memang tidak sedikit, namun setidaknya karena tempatnya luas jadi tiap pengunjung tidak akan merasa terganggu dengan kegiatan masing-masing.

Fasilitas

Hutan ini memang menawarkan pemandangan alam dan udara yang sejuk, namun sayangnya belum banyak warung yang buka, jadi daripada Anda kelaparan, akan lebih baik jika Anda siap sedia membawa perbekalan dari rumah. Meskipun ramai dikunjungi wisatawan, tidak banyak angkutan umum yang lewat ke tempat ini, jadi ketika Anda ingin berkunjung usahakan untuk menggunakan kendaraan pribadi jadi pulang dan pergi aman terkendali.

Akses

Tempat wisata Hutan pinus di Jogjakarta ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo dan Kabupaten Bantul, Jogja. Saat Anda berkendara dari Jogjakarta dan melalui ring road selatan dari gamping maka ikutilah petunjuk jalan  yang ada menuju ke Parangtritis jalan terus untuk sampai di Kecamatan Dlingo, setelah itu ikuti arahan dari papan petunjuk untuk sampai di Kebun Buah Mangunan, sampai di kebun buah ambil jalan lurus, kurang lebih 1 Km mengikuti jalanan yang beraspal, Anda akan menemukan jalanan menanjak. Akses ke tempat wisata hutan ini memang cukup sulit jadi Anda harus selalu berhati-hati saat berkendara agar selamat sampai di tempat tujuan.

Jam Buka

Berbeda dengan tempat wisata lainnya, Hutan Pinus di Jogjakarta ini tidak memiliki jam buka yang pasti, jadi para pengunjung bisa datang kapan saja bebas sekehendaknya, tidak cuma itu saja, para pengunjung pun bisa masuk ke hutan secara gratis tidak ada pungutan biaya masuk, karena memang tidak ada loket masuknya, namun Anda harus tetap membayar tarif parkir kendaraan mulai dari Rp. 2000-Rp. 4000, tergantung jenis kendaraan yang digunakan.

Ketika rumah terasa terlalu sumpek dan butuh hiburan yang gratis murah meriah, maka Anda bisa pergi ke Hutan Pinus Jogja ini. Habiskan banyak waktu berkualitas di tempat ini, usahakan untuk tidak merokok dan mengotori kawasan wisata dengan sampah-sampah yang Anda bawa. Semoga hutan pinus bisa membuat Anda lebih segar dan senang.