Suka lihat-lihat barang antik atau barang barang yang bernilai sejarah tinggi, bernilai seni atau barang orisinil lainnya, maka museum adalah tempat yang tempat untuk liburan Anda. Ada banyak sekali museum bagus dan terbaik di Jogjakarta, termasuk Museum Ullen Sentalu yang bahkan telah dinobatkan sebagai museum terbaik yang ada di dalam negeri, juga termasuk pada satu dari sepuluh museum teratas. Selengkapnya mengenai Ullen Sentalu bisa dilihat di bawah ini.

museum ullen sentalu

Museum Ullen Sentalu dan Peninggalan Sejarah

Sejarah Ullen Sentalu

Sejarah dari Ullen Sentalu berawal dari 1600 atau bahkan 2000 tahun yang lalu dimana pada masa itu budaya Jawa sudah sangat eksis melekat di hati dan pikiran sampai sekarang. Museum ini telah melalui evolusi dari berbagai zaman dari Mataram Kuno, Medang, lalu Kediri, Kerajaan Singasari, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Demak, Pajang dan Kerajaan Mataram dengan empat cabang sempalannya, yaitu Surakarta, Jogja, Mangkunegaran serta Pakualaman.

Lahirnya Ullen Sentalu Di Jogjakarta

Hasil dari proses peradaban yang bernilai dan berkualitas tinggi, seperti kitab kuno yang isinya mitologi, sejarah, epos, ketatanegaraan, petuah berfaedah, pengetahuan sampai ramalan: Negarakertagama, Bharatayudha, Pararaton, Serat Centhini, Babad Tanah Jawi, Serat Kalathida dan Serat Wedhatama. Selain itu, ada juga sejumlah adikarya seperti bangunan berarsitektur maha elok serta karya ornament yang cantik seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan dan masih banyakk lagi. Adapula, warisan budaya yang sifatnya yang tidak bisa diraba seperti ekspresi, ilmu pengetahuan, praktek, keterampilan dan representasi yang bisa sewaktu-waktu musnah karena pesatnya kemajuan teknologi dunia dan masuknya kebudayaan barat ke Indonesia. Dengan tujuan untuk melestarikan warisan budaya yang sifatnya tidak bisa diraba yang kemudian memberikan inspirasi bagi para pelopor Museum Ullen Sentalu di Jogja.

Peninggalan Sejarah yang Disimpan Museum

Ullen Sentalu merupakan sebuah museum yang di bagian dalamnya terdapat berbagai koleksi dari peninggalan Kerajaan Mataram. Untuk masuk ke dalam, biasanya para pengunjung diharuskan untuk membeli tiket masuk mulai dari Rp. 15 ribu dan tiket ini sudah termasuk pemandu wisata yang akan menemani Anda selama berada di dalam museum, free parkir dan minuman Jamu Ratu Mas. Sayangnya, museum ini tidak membebaskan para pengunjung untuk mengambil banyak foto, hanya beberapa spot yang diizinkan saja yang bisa digunakan sebagai latar foto. Di Museum Ullen Sentalu di Jogja ini terdapat lukisan, kumpulan foto, kain-kain batuik, alat musik tradisional, arsip surat, dan masih banyak lagi, secara keseluruhan disimpan dengan sangat baik dan hati-hati di dalam sejumlah ruangan yang telah ditata dengan seapik mungkin. Selain itu, di museum ini juga bisa diketahui bagaimana para leluhur Jawa terdahulu membuat batik yang coraknya memiliki arti sangat mendalam.

Restoran Beukenhof

Tidak hanya memiliki fasilitas pemandu museum saja, Museum Ullen Sentalu di Jogja ini juga memiliki fasilitas restoran. Restoran Beukenhof merupakan restoran yang menyajikan makanan khas Eropa dengan gaya arsitektur yang sangat unik. Anda yang merasa lapar bisa mampir sebentar untuk mengganjal perut atau makan siang sekalian.

Keadaan museum yang sengaja dibangun dengan sangat baik mampu menyihir pengunjung untuk kembali ke masa lalu di mana era Jawa Kuno masih sangat berjaya. Anda yang penasaran dan ingin lihat langsung, pastikan untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu ini ketika memiliki kesempatan berlibur ke Jogjakarta suatu hari nanti.