Suka melihat gemericik air, bangunan bangunan berkelas tinggi yang cantik dengan sentuhan arsitektur bergaya kuno dan pemandangan yang sangat indah maka Taman Sari Jogja adalah tempat terbaik yang bisa Anda datangi. Taman Sari Jogjakarta merupakan situs bekas taman maupun kebun istana dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang keasriannya dapat dibandingkan dengan Kebun Istana Bogor. Mau tau semua info menarik seputar Taman Sari Jogjakarta? simak info lengkapnya berikut:

Sejarah

Pada masa pasca Perjanjian Giyanti, Pangeran Mangkubumi telah membangun sebuah keraton yang menjadi pusat dari pemerintahan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton di bagun tepat di tengah sumbu imajiner tampak elok membentang di antara Pantai Parangtritis dengan Gunung Merapi. Dan titik yang menjadi acuan dari pembangunan keraton merupakan sebuah mata air. Sebagai tanda penghormatan pada jasa istri istri karena telah banyak membantu pada masa peperangan, Sultan memerintahkan Demak Tegis yakni seorang arsitek yang berkebangsaan Portugis dan juga Bupati Madiun sebagai mandornya untuk membangun istana cantik di mata air yang terletak sekitar 500 meter di selatan Keraton. Istana tersebut dikelilingi oleh danau butan dengan aroma harum dari bunga yang memang sengaja ditanam di pulau butan ini yang sekarang di kenal sebagai Tempat Wisata Taman Sari Jogja.

Taman Sari Jogja

Kompleks Taman Sari Jogja

Bagian Pertama Kompleks Taman Sari Jogjakarta

Kompleks wisata Taman Sari dibagi dalam 4 bagian, dan tiap bagiannya memiliki keunikan serta keindahan yang istimewa yang layak dikunjungi oleh para pengunjung.

Bagian Pertama

Pada bagian pertama dari komples Tempat Wisata Taman Sari Jogja ini kita akan melihat tempat paling eksotis yang mana biasa kita sebut sebagai “Segara” dan bangunan di bagian tengahnya serta taman dan kebun yang ada di sekitar danau. Tempat ini berfungsi sebagai tempat bersampan keluarga kerajaan dan Sultan juga tempat memelihara berbagai ikan. Namun sekarang, danau ini sudah tidak berisi air lagi melainkan sudah dirombak menjadi pemukiman penduduk dikenal sebagai kampung Taman.

Pulo Kenongo

Di bagian tengah Segaran terdapat pulau buatan yakni “Pulo Kenongo” dimana ada pohon kenanga yang tumbuh subur. Di atas pulau berdiri sebuah gedung dua lantaii yakni “Gedhong Kenongo” yakni gedung terbesar dari bagian pertama yang cukup tinggi, orang-orang bisa melihat Keraton Yogyakarta dan area sekitarnya dari anjungan paling tinggi. Di selatan Pulo Kenongo ada deretan bangunan kecil yaitu “Tajug”.

Sumur Gumuling dan Pulo Cemethi

Masih di tempat wisata Taman Sari Jogja tepatnya lagi di bagian selatan dari Pulo Kenongo ada pulau buatan lagi yang diberi nama “Pulo Cemethi” bangunan dua lantai tempat Sultan bermeditasi. Sekarang, tempat ini sedang dalam tahapan renovasi untuk merestorasi sisa-sisa bangunan yang tertinggal.

Di bagian bara Pulo Kenongo ada “Sumur Gumuling” yang bentuknya lingkaran seperti cincin. Bangungan ini terdiri dari dua lantai yang berfungsi sebagai masjid. Di bagian tengah dari bangunan terdapat 4 buah jenjang naik yang bertemua di bagian tengahnya dan dari pertemuan keempat jenjang terdapat satu buah jenjang lagi yang bila terus ditelusuri akan menuju lantai dua dan tepat di bawah pertemuan keempat jenjang tersebut ada sebuah kolam kecil yang kabarnya berfungsi sebagai tempat mengambil wudhu.

Liburan akan lebih berwarna ketika Anda berkunjung ke Taman Sari Jogja, tempat wisata yang unik dan luas dengan bagian-bagian yang menarik yang tidak akan pernah membosankan untuk ditelusuri. Ayo segera revervasi untuk paket budaya ngabdi dalem dengan Paket Tour Keraton Jogja – Taman Sari – Parangtritis.