Candi Prambanan menjadi satu dari sekain banyak candi di Jawa Tengah yang sangat populer di Indonesia, ada saja pengunjung dari luar Jogjakarta yang sengaja datang ke Prambanan untuk melihat bahkan mengagumi bangunan bersejarah yang bernilai arsitektur tinggi ini. Namun pernahkah Anda membayangkan bagaimana asal usul Candi Prambanan, apa yang melatarbelakangi pembangunan candi tersebut berikut tujuannya?. Bingung sama jawabannya? langsung saja tengok di bawah ini:

Legenda Candi Prambanan

Asal muasal dari legenda Candi Prambanan ini masih jadi mesteri bagi masyarakatnya hinga sekarang. Candi yang berdiri pada abad ke-9 M ini merupakan candi bercorak Hindu terbesar yang berdiri di Indonesia, berada di Kabupaten Klaten berdekatan dengan Jogjakarta. Candi Prambanan memiliki candi utama dimana ada 3 altar sebagai tempat pemujaanna. Ada Candi Wisnu yang berada di sebelah kanan, Candi Brahma yang ada di sebelah utara dan terakhir Candi Syiwa yang berada di bagian tengah. Ketiga candi tersebut menghadap ke timur. Di bagian depan tiap candinya terdapat lagi candi yang ukurannya lebih kecil yang dikenal sebagai Candi Wahana, dinamakan sebagai Candi Wahana karena di bagian dalam candi tersebut terdapat patung hewan sebagai wahana maupun tunggangan dari sang dewa-dewa trimurti. Di Candi Prambanan terdapat relief yang memag sengaja dipahatkan di masing-masing candinya, ada relief Ramayana di Candi Syiwa serta Candi Brahma serta relief Kresnayana di Candi Wisnu. Ketika masuk ke candi utama yang ada di bagian utara, Anda akan melihat sebuah patung perempuan yang konon kabarnya adalah wujud kutukan dari Roro Jonggrang.

asal usul candi prambanan

Bagaimana Asal Usul Candi Prambanan Jogjakarta

Legenda Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang

Menurut legenda masyarakat di Jawa, Roro Jonggrang merupakan puteri cantik keturunan Raja Boko yang sangat berkuasa di kawasan Prambanan. Kecantikan Roro Jonggrang mengundang Bandung Bondowoso datang untuk meminangnya. Namun karena Roro Jonggrang tidak memiliki perasaan cinta pada Bandung Bondowoso, Roro mengeluarkan syarat pada Bandung Bondowoso untuk memenuhi permintaannya sebelum menikahinya yakni dengan membuatkan 1000 candi dalam satu malam saja. Dalam upaya mendapatkan cinta Roro Jonggrang dan memenuhi syaratnya, Bandung Bondowoso melakukan semedi untuk memperoleh kekuatan dan bala bantuan dari para jin. Ketika menjelang sore hari, pembangunan 1000 candi tersebut mulai dilakukan dan melihat progress pembangunan yang sangat cepat, Roro Jonggrang menjadi lebih cemas, karena tidak ingin berakhir menikahi Bandung Bondowoso, pada akhirnya Roro Jonggrang melakukan curang dengan membangunan warga desa untuk bersama-sama membakar jerami lalu memukul alat penumpuk padi sehingga seakan-akan sudah fajar. Bandung Bondowoso yang tahu dicurangi merasa sangat marah, dan ia mengutuk Roro Jonggrang untuk menjadi arca ke-1000, melengkapi 1000 candi berserta arcanya dan begitulah sekiranya asal muasal Candi Prambanan mengapa dibangun.

Misteri Candi Prambanan

Berkaitan dengan asal muasal Candi Prambanan serta Roro Jonggrang, masyarakat sekitar percaya dengan mitos bila sepasang kekasih yang datang ke Candi Roro Jonggrang maka pasangan tersebut akan mengalami putus cinta dan karena mitos tersebut cukup banyak orang yang terpengaruh dan takut untuk datang ke Candi Prambanan apalagi ke bagian Candi Roro Jonggrang.

Itulah asal usul Candi Prambanan, setelah tahu sedikit mengenai mitos dan legendanya, apakah Anda percaya? dan masihkah Anda ingin datang dan melihat keseluruhan bangunan candi ini meskipun dari jarak yang cukup jauh mengingat candi ini cukup rentan?. Jika masih penasaran, Yuk segera berkunjung ke Candi Prambanan dengan paket liburan kami.