Pantai Baron Jogja merupakan salah satu objek wisata pantai yang ada di Desa Kemadang, Kecamatan dari Tanjungsari dan Kabupaten Gunungkidul. Objek wisata ini cukup populer di Jogjakarta, ada banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang baik untuk menikmati pemandangan alamnya atau merasakan hembusan angin yang segar khas pantai dan kesegaran air yang sangat jernih yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran.

pantai baron gunung kidul

Pantai Baron Gunung Kidul

Tentang Pantai Baron

Asal mula nama pantai cantik ini berasal dari nama bangsawan Belanda, yaitu Baron Skeber. Bangsawan Belanda tersebut pernah mendaratkan kapal di pantai sisi selatan yang kita kenal sekarang sebagai Pantai Baron. Untuk menuju tempat wisata ini, Anda bisa menaiki kendaraan pribadi, baik sepeda motor bahkan bus. Sama saja dengan pantai lainnya, Pantai Baron menawarkan beranekaragam ikan laut, udang windu merupakan primadona seafood di tempat ini, Anda yang hobi makan udang, bisa menikmati hidangan dari udang windu sepuasnya.

Fasilitas Di Pantai Baron Jogja

Ada banyak sekali fasilitas yang bisa Anda nikmati dari pantai ini, yaitu tempat pelelangan ikan, perahu bermesin, wahana permainan untuk anak-anak, toko cinderamata cantik serta perahu bermesin. Bagi yang ingin bawa oleh oleh dari Pantai Baron, ada buah srikaya, sirsak, pisang tanduk dan masih banyak lagi. Nikmati hidangan mewah khas seafood dari restoran yang ada di tepi pantai dan bila Anda merasa lelah, beristirahat saja di salah satu hotel atau tempat penginapan yang ada di sekitar pantai.

sedekah laut pantai baron

sedekah laut pantai baron

Upacara Sedekah Laut

Upacara sedekah laut merupakan upacara yang saat ini masih sering dilakukan masyarakat Gunungkidul, dan Pantai Baron adalah tempat yang tepat untuk menyelenggarakan upacara tersebut. Pada umumnya, upacara sedekat laut dilaksanakan tiap tanggal 1 Syuro di dalam penanggalan Jawa, yang bermakna sebagai ungkapan rasa terima kasih atau syukur para penduduk setempat atas melimpahnya ikan di pantai, karena dahulu, masyarakat di sekitar pantai bekerja sebagai petani yang mengolah kebun mereka, namun saat ada yang mulai menangkap ikan di pinggir pantai lalu mendapatkan banyak ikan, mulai banyak penduduk yang ikut menangkap ikan, kian hari kian banyak yang ke pantai mencari ikan menggunakan rakit kayu dan sekarang dengan perahu.

mercusuar pantai baron jogja

Mercusuar

Mercusuar Pantai Baron yang saat ini berdiri di atas bukit sisi timur dari Pantai Baron menjadi salah satu tempat wisata alternatif yang bisa Anda kunjungi setelah puas bermain atau berenang di pantai. Untuk menuju ke mercusuar, kita cukup datang ke Pantai Baron. Di atas mercusuar, Anda akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan, semuanya bisa dilihat, baik pantai atau bukitnya. Karena rute perjalanan ke mercusuar dari pantai cukup melelahkan, sebaiknya Anda membawa air mineral atau bahkan bekal.

Tiket

Masuk ke Pantai Baron tidak gratis namun harga tiketnya pun tidak mahal, beruntungnya lagi ada tiket paket wisata ke delapan pantai, yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Krakal, Drini, Sundak dan Pantai Pulang Syawal dan Pktunggal. Jadi setelah liburan dari Pantai Baron, silahkan kunjungi pantai pantai lainnya. Tahun 2004 lalu, tiket masuk ke pantai ini Rp. 4000.

Pantai Baron Jogja hanyalah satu dari banyak sekali pantai dengan pemandangan cantik di Jogja. Warga sekitar menjadikan pantai ini sebagai tempat mata pencaharian atau tempat rekreasi, namun untuk wisatawan asing, pantai ini bisa menjadi tempat menghabiskan waktu yang paling asyik dikala bosan. Ingin wisata pantai yang lainnya ? silahkan baca artikel mengenai 5 rekomendasi wisata pantai terindah di Jogja.