Mau merasakan tour menarik yang tiada duanya ke kawasan Merapi Jogjakarta? mengapa tidak mencoba Lava Tour Merapi. Wisata lava tour merupakan wisata petulangan bertemakan alam yang cocok untuk para pendaki gunung atau pecinta alam yang ingin merasakan petualangan mendaki ekstrem di kawasan merapi. Berikut ini beberapa tempat yang menjadi route dalam wisata lava tour dan paket wisata yang ditawarkan:

lava tour merapi

Route Lokasi Lava Tour Merapi

Basecamp

Mau apa pun jensi turnya, hal yang perlu diperhatikan para peserta tur adalah basecamp. Di basecampa wisata lava tour ini, Anda bisa memilih kendaraan mana yang akan menemani Anda selama tour di Gunung Merapi, apa itu jeep, trail atau bahkan kendaraan pribadi warga yang disewa.

Sungai Opak

Sungai opak atau juga dikenal sebagai Kali Opak merupakan satu dari banyaknya lokasi wisata lava tour yang berhulu tepat di lereng Gunung Merapi di sebelah selatan yang telah dilalui oleh lahar dingin setelah erupsi Gunung Merapi yang kemudian mengakibatkan terputuskan jalur penghubung di antara Desa Umbulharjo dan Desa Kepunharjo. Anda yang ingin melalui jalur semi ekstrem, maka pilihlah jalur Sungai Opak yang memang hanya dapat dilalui Jeep maupun motor trail saja.

Dusun Petung

Masih termasuk dalam wilayah yang dilalui dalam jalur perjalanan Lava Tour Merapi Jogjakarta. Dusun Petung adalah bekas perkampungan yang termasuk ke dalam Desa Kepunharjo yang berada persis di antara dua sungai yang dilewati lahar merapi pada tahun 2010, yakni Sungai Gendol dengan Sugnai Opak. Dusun ini menjadi pemukiman yang dipadati oleh penduduk namun sayangnya, tersapu oleh keganasan erupsi merapi sehingga yang tersisa adalah puing bekas rumah para penduduk yang telah hancur.

Dusun Jambu

Dusun Jambu berada di antara Sungai Opak dengan Sungai Gendol yang dilalui oleh lahar panas pada tahun 2010 saat terjadinya erupsi Merapi sehingga kawasan ini tertutupi oleh bebatuan besar dan pasir jadi jangan heran bila Anda melihat rute Lava Tour Merapi Jogjakarta ini sangat gersang.

Batu Alien

Merupakan batu unik yang menyerupai wajah manusia dengan ukuran sangat besar. Batu Alien berada di pinggir Sungai Gendol yang mana masih termasuk di dalam Dusun Jambu, batu ini dipercayai masyarakat setempat memiliki kekuatan magis.

Sungai Gendol

Disaat terjadinya erupsi, Sungai Gendol ini dilalui oleh lahar panas hingga 14 Km jauhnya yang membuat dusun-dusun yang ada di bawah Dusun Jambu serta Kaliadem hancur dan tertutup. Ada banyak korban jiwa yang sampai sekarang belum juga ditemukan.

Dusun Kaliadem

Bila memilih untuk melakukan Lava Tour Merapi Jogjakarta tanpa pergi ke Dusun Kaliadem kurang pol rasanya, karena tempat ini menjadi bukti sejarah dimana erupsi yang terjadi tahun 2006 lalu telah menutup dusun dengan bebatuan besar dan pasir. Ketika terjadi erupsi tahun 2010, kawasan ini kembali terkena erupsi hingga membuat Dusun Kaliadem tertutup, jadi yang tersisa tinggal batu batu besar dan hamparan pasir saja. Kaliadem adalah puncak tertinggi dari jalur biasanya dilalui oleh Jeep.

Merapi Lava Tour Short Route

Adalah rute standar yang sangat disukai oleh wisatawan yang bisa dilakukan baik oleh perorangan maupun rombongan yang berjumlah 4-6 orang dengan rutenya:

Basecamp – Kali Opak – Batu Alein – Kali Gendol – Dusun Kaliadem – Hamparan  Material erupsi Kaliadem – Gumuk Petung dan terakhir di Makam Massal Korban Merapi. Tarif Lava Tour Merapi rute pendek ini sekitar Rp. 350 ribu dengan waktu tempuh sekitar 60 menit/110 menit. Tertarik untuk mengikuti tour ini? Yuk segera reservasi pada halaman berikut.