Menuju ke tempat wisata desa merupakan pilihan pertama penduduk kota yang sangat merindukan nuansa liburan unik dan sederhana ala desa. Di Jogja ada banyak desa wisata yang populer. Desa Wisata Kalibiru kawasan wisata desa populer yang membutuhkan nyali besar, karena untuk sampai di desa, para pengunjung harus melalui trek naik dari Waduk Sremo. Namun untuk Anda yang cinta petualangan dan hal-hal ekstrem, menaklukkan desa wisata ini akan jadi tantangan baru, jadi sambil liburan sambil berpetualang ekstrem. Berikut ini, hal-hal menarik yang akan Anda temui saat menginjakkan kaki di desa wisata yang cantik Kalibiru:

Asal Muasal Desa Kalibiru

Dari cerita yang berkembang di kalangan penduduk sekitar, dahulunya Desa Kalibiru dibuka pada tahun 2008 oleh penduduk sekitar secara swadaya. Penduduk mengawalinya dengan membangun jalanan setapak lantas membangun berbagai fasilitas keren lainnya, seperti jogjo pertemuan, gardu pandang, flying fox dan juga sarana MCK. Pengunjung yang suka aktivitas ekstrem, biasanya akan memilih mencoba flying fox dan tracking, keduanya adalah aktivitas menyenangkan yang bisa Anda coba kapan saja di desa ini.

wisata kalibiru

Hiburan Di Tempat Wisata Kalibiru

Aktivitas Menarik Di Kalibiru

Ada banyak sekali aktivitas menarik yang dapat Anda nikmati ketika sampai di Wisata Kalibiru di Jogja seperti outbond, berwisata ala pedesaan, wisata pendidikan, wisata budaya, wisata keluarga serta tracking, tracking yang ditawarkan memiliki jalur tempuh yang beragam, ada yang berjarak 1.5 Km dan yang paling jauh 7 Km dimana Anda dapat melihat Waduk Sremo lebih dekat dan selama perjalanan, Anda akan melihat beragam binatang langka, seperti ayam alas, celeng, landak, elang jawa bahkan Harimau Jawa dan Harimau Kumbang. Ketika Anda menuju ke bagian atas gardu pandang, pemandangan alam yang indah akan menyambut Anda, garis pantai serta pemandangan Waduk Sremo terlihat sangat cantik.

Penginapan

Bagi yang ingin menginap selama beberapa hari, ada fasilitas keren seperti cottege serta pendopa yang disewakan. Harga sewa cottage di Desa Wisata Kalibiru Di Jogja sekitar Rp. 120-125 ribu sedangkan sewa pendopa sekitar Rp. 150 ribu. Untuk uang makannya, sekitar Rp. 10 ribu/1x makan. Mengingat banyaknya pengunjung yang datang ke desa ini tiap musim liburan, usahakan agar Anda melakukan reservasi terlebih dahulu agar kebagian tempat penginapan.

Jalur/Rute Alternatif Ke Kalibiru

Liburan tanpa persiapan tentu sangat membahayakan karena bisa bisa Anda akan tersesat di tengah jalan, kehabisan perbekalan dan menemui hal buruk lainnya. Maka dari itu persiapkan seluruh perbekalan sebelum pergi ke Wisata Kalibiru di Jogja seperti membekali diri dengan jalur atau rute alternatif ke Kalibiru. Biasanya masyarakat sekitar pergi ke Kalibiru melalui Waduk Sremo namun selain dari situ, kita juga dapat pergi melalui Clereng, meskipun jalurnya lebih jauh dan lebih sepi serta naik dan turun. Agar perjalanan lebih lancar, pastikan Anda selalu berhati-hati disaat pergi di musim hujan, jalanan lebih licin dan rawan longsor, karena jalannya memang berada di tebing. Rute mudahnya, dari Jogja – Wates – Waduk Sermo bisa juga dari Jogja – Sentolo – Waduk Sremo atau dari jalan alternatif dari Jogja – Sentolo – Clereng – Kalibiru.

Kemacetan kota adalah makanan sehari-hari warga ibukota yang lama kelamaan membuat pikiran pusing dan lelah, untuk mengatasinya, Anda membutuhkan liburan di sebuah desa. Desa Wisata Kalibiru bisa jadi pilihan terbaik ketika Anda memutusukan Jogjakarta sebagai destinasi liburan. Tertarik untuk mengambil paket liburan ke Kalibiru ? Kami menyediakan paket liburan ke Kalibiru dan sekitarnya.